web 2.0

Minggu, 30 September 2012

MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran dapat dikatakan sebagai alat yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Model atau alat inilah yang digunakan guru agar proses belajar mengajarnya berjalan sukses dan menyenangkan.
Model pembelajaran dalam penelitian ini adalah perencanaan proses belajar mengajar yang berbentuk skenario pembelajaran yang akan tampak pada tahapan-tahapan yang akan dinilai. Selain itu, model ini dikembangkan dari silabus yang penulis susun.
Belajar dan mengajar merupakan dua istilah dalam dunia pendidikan yang sangat populer. Kedua istilah itu mengacu pada suatu proses yang terjadi dalam suatu rangkaian unsur yang saling terkait. Belajar berarti berusaha agar memperoleh kepandaian atau ilmu. Bruner (dalam Hidayat dkk., 1995:2) mengemukakan bahwa belajar adalah suatu proses yang terjadi secara bertahap (episode). Episode tersebut terdiri dari informasi, transformasi, dan evaluasi. Informasi menyangkut materi yang akan diajarkan, transformasi berkenaan dengan proses memindahkan materi, dan evaluasi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk melihat sejauh mana keberhasilan proses yang telah dilakukan oleh pembelajar dan pengajar. Sehubungan dengan itu, Gagne (dalam Hidayat dkk., 1990:2) mengemukakan bahwa belajar adalah suatu proses yang dilakukan untuk menimbulkan perubahan pada anak didik.
Apa pun bentuknya, PBM hams diarahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam PBM menulis, tujuan tersebut adalah agar anak didik memiliki pengetahuan menulis, bersikap positif terhadap ilmu dan aktivitas, serta terampil menulis. Ketiga aspek tersebut senada dengan taksonomi yang dikemukakan oleh Bloom {taxonomy of bloom), yaitu kognitif domain (ranah pengetahuan), afektif domain (ranah sikap), dan psikomotor domain (ranah keterampilan). Untuk mencapai tujuan di atas, segala sesuatu harus diupayakan sedemikian rupa sehingga PBM menulis tersebut lebih berdaya guna.

0 komentar:

Posting Komentar